Tumis kailan kembang tahu ala Catering Jakarta Barat

Tumis kailan kembang tahu ala Catering Jakarta Barat. Bahan: 1 ikat kailan, siangi 1 lbr kembang tahu, potong-potong, seduh 3 siung bawang putih, cincang 1 sdt kecap ikan 1/2 sdt garam 1/8 sdt gula pasir 1/4 sdt merica bubuk 1/2 sdm tepung sagu, larutkan bersama 1 sendok makan air 250 ml air 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara Membuat untuk 3 porsi: 1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih hingga harum. 2. Masukkan kailan. Aduk hingga setengah layu. Tambahkan kecap ikan, merica bubuk, gula pasir, garam. Aduk rata. 3. Masukkan air. Aduk hingga mendidih. Tambahkan kembang tahu. Aduk rata. Masukkan larutan sagu. Aduk sampai meletup-letup.

Legitnya Dodol Khas Betawi

erbeda dengan dodol garut yang adonannya menggunakan santan dan susu, dodol khas Betawi buatan Nyak Mai tak menggunakan susu, tapi santan dari kelapa tua. Menurut Nyak Mai, santan dari kelapa tua bisa menghadirkan cita rasa dodol yang lebih legit dan tahan lama. Bahan lainnya adalah tepung beras, gula merah yang cair, dan garam. Kini, usaha dodol betawi Nyak Mai diteruskan putranya, Udin. Membuat dodol butuh waktu lama.

Adonan dimasak wajan tembaga super besar atau kenceng di atas tungku. Penggunaan kenceng bertujuan untuk menghasilkan api yang stabil. Adonan dodol terus diaduk selama 7-8 jam hingga tercipta tekstur dodol yang kenyal. Perlu 5 orang untuk mengaduk 1 kenceng berisi adonan dodol sejumlah 4 kg. Konon, semakin lama diaduk, semakin tahan lama dodolnya. “Saat adonan dituang ke kenceng, pasti penuh. Setelah diaduk terus, adonan mengental dan menyusut. Artinya, dodol berhasil bagus, legit, enak, dan tahan lama. Itulah yang kami pertahankan dari usaha ini,” tutur Udin.

Bisa dikatakan, Dodol Nyak Mai termasuk legendaris di kawasan Setu Babakan. Apalagi ia sudah memulai usaha sejak 25 tahun lalu. Dodol betawi dikemas dalam besek nasi dan harganya, mulai Rp 15 ribu. Dalam sehari, Udin rata-rata memproduksi 1 kenceng dodol. Menjelang Hari Raya Lebaran, ia bisa membuat dodol hingga 45 kenceng dengan berat adonan 1.800 kg. “Pas musim kawinan juga pasti banyak yang pesan,” katanya senang.

This entry was posted in Resep. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *